Skip to main content

Pilih Stik Ori Pabrik Atau Ori Mesin Untuk Rental PS?

Daftar Isi [Show]

- Ternyata masih banyak orang yang bingung antara memilih stik ori pabrik atau ori mesin untuk rental playstation / PS. Banyak perbedaan diantara jenis stik ini. Tapi apakah kalian tahu apa itu stik ori pabrik dan stik ori mesin?. Oke saya akan menjelaskan perbedaan stik ori pabrik dan stik ori mesin serta kekurangan dan kelebihanya.

Pilih Stik Ori Pabrik Atau Ori Mesin

Apa itu stik ori pabrik dan stik ori mesin?

Sebenarnya itu hanyalah bahasa marketing saja. Lah kok?. Kalau bahasa sehari-hari stik ori pabrik itu adalah stik KW sedangkan ori mesin itu stik original. Gak mungkin kan kalau jualan dengan kata-kata "Dijual stik KW", mindset kita pasti langsung buruk kalau dengan istilah stik KW, makanya disebutlah ori pabrik (gak tahu pabrik mana :D )

Perbedaan stik ori pabrik dengan ori mesin

Jika kalian hanya memperhatikan secara kasat mata maka seperti tidak ada perbedaan, karena kedua fisiknya tersebut memanglah sama. Tapi jika kalian langsung menyentuh analognya pastilah tahu. Tapi jika ingin lebih tahu perbedaanya yang benar, maka stik harus dibongkar terlebih dahulu.

1. Baterai

Setelah stik ps dibongkar maka yang pertama yang paling membedakan yaitu dari segi baterai

Untuk baterai ori pabrik biasanya berwarna biru seperti ini

Pilih Stik Ori Pabrik Atau Ori Mesin

Tapi kalau stik ori mesin warnanya abu-abu seperti ini

Pilih Stik Ori Pabrik Atau Ori Mesin

Untuk melekatkan baterainya juga berbeda, jika ori pabrik menggunakan lem, kalau ori mesin di baterainya ada semacam tonjolan untuk meletakkan baterainya di PCB.

2. Motherboard Stik / PCB

Jika baterai di lepas maka akan ada perbedaan (letaknya dibawah baterai), yaitu jika ori mesin ada chipnya jika ori pabrik tanpa chip. 

motherboard ori mesin

Pilih Stik Ori Pabrik Atau Ori Mesin

Motherboard ori pabrik

Pilih Stik Ori Pabrik Atau Ori Mesin

3. Analog

Analog stik ori pabrik sama dengan stik PS2 tapi kalau ori mesin beda. Dalam penggunaan juga berbeda kok. Ori pabrik karena menggunakan analog PS2 maka akan terasa berat dan arahnya juga tidak seakurat ori mesin. Kalau kalian merasakan analog ori mesin maka akan terasa ringan.

4. Harga

Ya kalian tahu lah kalau namanya KW pasti lebih murah dari Ori kan. Kalau ori pabrik harganya antara 50ribu sampai 150 ribu lah. Kalau ori mesin biasanya diatas 170ribu

Kekurangan dan Kelebihan Stik Ori Mesin dan Ori Pabrik

Ori Mesin

Kalau kelebihan ya jelas banyak karena stik ini awet banget dan tahan lama, analog juga awet. Sedang kekuranganya yaitu tidak bisa di charge menggunakan charger hp harus lewat PSnya

Ori Pabrik

kekurangan ori pabrik selain daya tahanya buruk, analognya berat biasanya lebih gampang rusak. Ya mirip dengan PS2 lah. Ibaranya ori pabrik itu stik PS2 di modifikasi lah. Sedang keuntunganya bisa dicharge menggunakan charger hp

Kesimpulan

Kalau menurut saya mending pakai ori mesin saja. Kenapa?. Karena daya tahanya lebih baik daripada ori pabrik. Lah harganya kan mahal?. Ya memang. Tapi bayangkan jika kalian memilih stik ori pabrik, kalau lebih gampang rusak pasti ketemunya lebih mahal dibanding ori mesin. 

Aturan Berkomentar: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar